Rabu, 17 Agustus 2016

NEXT ON THE FALLEN ANGEL

MOLOCH (The Fallen Angel)

Nama lain Moloch, Molech, Molekh (dalam bahasa ibrani artinya Raja) entah itu berhubungan dg nama Dewa/tuhan ato suatu nama ritual pengorbanan manusia (anak2) dlm kepercayaan di Phoenician (ancient Lebanon) dan terkait dg kebudayaan di Afrika Utara dan daerah Levant… Moloch lebih di kenal sbg Baal Moloch yg di gambarkan sbg Kerbau Suci…yg banyak di sembah pada zaman dahulu di sekitar Timur Tengah, digambarkan secara fisik sbg sesosok Kerbau atau manusia berkepala Kerbau…zaman musa pun penyembahan terhadap Patung Kerbau sedang populer… sering disebut sbg Milcom dlm Perjanjian Lama

Referensi Kitab 1Raja-Raja…menceritakan kejatuhan iman
Raja Solomo terhadap Tuhan Allah…

1Raja-Raja:
11:5 Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon,
11:33 Sebabnya ialah krn ia telah meninggalkan Aku & sujud menyembah kpd Asytoret, dewi org Sidon, kpd Kamos, allah org Moab dan kpd Milkom, allah bani Amon, dan ia tidak hidup menurut jalan yg Kutunjukkan dg melakukan apa yg benar di mata-Ku dan dg tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku, seperti Daud, ayahnya.
23:13 Bukit-bukit pengorbanan yg ada di sebelah timur Yerusalem di sebelah selatan bukit Kebusukan dan yang didirikan oleh Salomo, raja Israel, untuk Asytoret, dewa kejijikan sembahan org Sidon, dan untuk Kamos, dewa kejijikan sembahan Moab, dan utk Milkom, dewa kekejian sembahan org Amon, dinajiskan oleh raja.

Referensi Kitab Imamat…
menceritakan penyembahan &
pengorbanan anak2 terhadap Moloch di zaman Musa…

Kitab Imamat:
18:21 Janganlah kauserahkan seorang dari anak-anakmu utk dipersembahkan kpd Molokh, supaya jangan engkau melanggar kekudusan nama Allahmu; Akulah TUHAN.
20:1. TUHAN berfirman kepada Musa:
20:2 “Engkau harus berkata kepada orang Israel: Setiap org, baik dari antara org Israel maupun dari antara org asing yg tinggal di tengah-tengah org Israel, yang menyerahkan seorang dari anak-anaknya kpd Molokh, pastilah ia dihukum mati, yakni rakyat negeri harus melontari dia dg batu.
20:3 Aku sendiri akan menentang orang itu dan akan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya, karena ia menyerahkan seorang dari anak anaknya kepada Molokh, dg maksud menajiskan tempat kudus-Ku dan melanggar kekudusan nama-Ku yg kudus.
20:4 Tetapi jikalau rakyat negeri menutup mata terhadap orang itu, ketika ia menyerahkan seorang dari anak²-nya kpd Molokh, dan tidak menghukum dia mati,
20:5 maka Aku sendiri akan menentang orang itu serta kaumnya dan akan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya dan semua orang yg turut berzinah mengikuti dia, yakni berzinah dg menyembah Molokh.
20:6 Orang yg berpaling kepada arwah atau kpd roh-roh peramal, yakni yg berzinah dg bertanya kpd mereka, Aku sendiri akan menentang orang itu dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya.
20:7 Maka kamu harus menguduskan dirimu, dan kuduslah kamu, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.

Moloch di abad pertengahan di ketahui sebagai Prince of Hell…digambarkan senang membuat para Ibu2 menangis krn suka menculik anak2 mereka…menurut beberapa demonologists, Moloch menjadi lebih kuat pada bulan Oktober…motif penculikan anak2 yg hilang di percaya krn untuk ritual pengorbanan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 Cerita Pendek Zen Mengungkapkan Palajaran Terbesar.

Cerita Zen seringkali singkat, tapi penuh akal dan kebijaksanaan. Mereka adalah bagian besar dari apa yang membuat tradisi ini menarik dan ...